12/09/2007

Travelers’ Tale – Belok Kanan : Barcelona

Novel yang ditulis keroyokan sama Ninit Yunita (Test Pack, Kok Putusin Gue), Adhitya Mulya (Jomblo, Kejar Jakarta), Iman Hidajat, sama Alaya Setya ini ceritanya tentang empat orang yang sahabat dari SD, Francis, Farah, Ucup, sama Retno.

Francis sebenernya suka sama Retno. Tapi, karena beda agama, dia ditolak. Sampe dua kali lagi. Nah, Ternyata, Farah diem-diem suka sama Francis. Untuk numpahin unek-unek patah hati-nya, Farah selalu curhat sama Ucup. Padahal, Ucup sebenernya suka sama Farah. Complicated or what?

Setelah gede, mereka kerja dan tinggal di negara yang beda-beda. Farah di Vietnam, Retno di Kopenhagen, Ucup di seputaran Afrika (yang kalo nggak lagi perang, kena embargo PBB, ato dua-duanya), sementara Francis muter-muter sambil tur konser piano.

Satu hari, e-mailnya Francis bikin semuanya kaget. Dia mau nikah di Barcelona! Farah, mutusin buat pergi ke Barcelona walopun dia harus nguras abis tabungannya dia. Tujuannya satu, nyoba ngebatalin pernikahannya Francis. Ucup yang tahu Farah pergi, akhirnya mutusin buat pergi juga. Retno, juga pergi. Apalagi karena dia sepertinya suka juga sama Francis.

Cerita perjalanannya mereka lucu banget. Gw suka banget ceritanya Ucup yang ditangkep sama polisi Spanyol gara-gara disangka teroris karena paspornya dia Indonesia, punya banyak visa negara-negara Afrika yang lagi konflik, dan, above all, namanya dia Jusuf Hasanuddin. Duh, jadi pengen jalan-jalan deh.

Seru banget baca buku ini. Seperti baca traveler’s guide sekaligus baca novel cinta-cintaan, tapi nggak basi. Fresh, dan seperti kata pak Wimar Witoelar yang nulis kata pengantar buat novel ini, “asyik, baca deh novel ini!”

2 comments:

Anonymous said...

thanks for the review :)

CIAO ITALIA! said...

OUT NOW AT A GOOD BOOKSHOP - Gramedia etc.- NEAR YOU!!!
Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
Penulis: Gama Harjono
Penerbit: Gagasmedia, 2008

Sinopsis
Buku ini mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

Catatan penulis akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediterania, mulai dari kota metropolis berusia lebih dari dua milenium hingga desa terpencil yang menyimpan banyak harta karun seni dan kejutan tak terduga (buktikan dengan foto-fotonya yang fantastis). Plus tip backpacking ekonomis: mendapat akomodasi gratis di Eropa, mencari tiket, hostel dan makanan murah selama perjalanan.

Setiap kisah dan suka-duka saat berusaha mengenal Italia, ditoreh dengan sebuah kejujuran dari seseorang yang akhirnya terlalu mencintai negeri Pasta ini.